Pages

Senin, 14 Juli 2014

Nyamuk Malaria Serta Proses Penularan Penyakit Malaria Pada Manusia

NYAMUK MALARIA SERTA PROSES PENULARAN PENYAKIT MALARIA PADA MANUSIA

Malaria adalah penyakit yang sangat cepat penyebarannya. Sampai sekarang ini malaria masih menjadi masalah masyarakat Indonesia. Malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi protozoa dari genus Plasmodium, yang di tularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. 


nyamuk malaria


Nama lain nyamuk malaria adalah Anopheles. Nyamuk anopheles banyak sekali jenisnya , yaitu antara 430 jenis. Nyamuk Anopheles yang menjadi penyebab malaria yaitu sekitar 40 jenis. Berikut ini beberapa contoh nyamuk anopheles yang menyebabkan malaria diantaranya Anopheles sundaicus (suka hidup di pantai), Anopheles balabacensis (suka hidup pada daerah yang banyak hewan ternak), Anopheles vagus (suka hidup di persawahan), Anopheles maculatus, Anopheles flavirostris, Anopheles barbirostris, dan Anopheles kochi.

Nyamuk malaria yang paling banyak menggigit manusia adalah nyamuk betina. Darah yang dihasilkan di gunakan untuk proses bertelur. Nyamuk malaria betina dapat hidup satu sampai dua minggu. Nyamuk malaria betina meletaknya telurnya di tempatkan di perindukannya sekitar 50-200 butir. Telur ini akan menetas dalam kurun waktu 2-3 hari. Nyamuk malaria lebih banyak menggigit di malam hari. Untuk membunuh nyamuk malaria, dapat menggunakan pestisida. Selain itu, dapat di lakukan penyemprotan dinding rumah, atau juga dengan insektisida.

Nyamuk malaria memiliki siklus hidup termasuk memiliki metamorfosa sempurna. Ini berarti dalam siklus hidup terdapat stage/fase pupa. Lama siklus hidup malaria dipengaruhi oleh: suhu, adanya zat kimia di tempat hidup.

Berikut siklus nyamuk malaria:

Telur

Nyamuk malaria betian bertelur dan mampu menghasilkan 50-200 telur. Telur tersebut langsung di letakkan di atas air dan terpisah. Telurnya akan menetas dalam kurun waktu 2-3 hari.

Larva

Larva di bedakan menjadi 4 instar, salah satu khas yang menjadi pembeda dengan nyamuk lain adalah posisi larva yang istirahat adalah sejajar dengan permukaan air, karena larva ini tidak mempunyai siphon( alat bantu bernafas). Hidupnya kurang lebih 7 hari, dan hidup dengan makan alga, atau mikroorganisme yang ada di permukann.

Pupa ( kepompong)

Proses fase pupa adalah seperti koma, dan beberapa hari kemudian pada dorsal terbelah untuk tempat keluar nyamuk dewasa.

Dewasa

Nyamuk dewasa memiliki proboscis yang memiliki fungsi sebagai penghisap darah atau makanan lainnya (seperti, nectar atau cairan sebagai sumber gula). Nyamuk jantan dapat hidup sampai seminggu, sedangkan nyamuk betina dapat hidup sebulan. Untuk membantu proses matangnya telur, nyamuk menghisap darah.
Berikut ini adalah beberapa ciri dari nyamuk malaria:

  • Memiliki tubuh yang pendek dan kecil
  • Memiliki panjang yang sama antara proboscis dan polpi
  • Penyebab sakit malaria
  • Posisi tubuh saat hinggap 90 deerajat
  • Memeliki bentuk sayap yang simetris
  • Warna tubuh hitam
  • Berkembang biak di air yang kotor , keruh dan bau

Mengingat nyamuk malaria ini sangat berbahaya bagi kesehatanoleh karena itu kita harus menjaga keluarga kita agar terhindar dari gigitan nyamuk malaria. Nyamuk malaria ini sekitar 40 saja yang menyebarkan penyakit malaria. Tetapi kita harus tetap berhati hati terhadap gigitan nyamuk malaria. Jumlah 40 itu bukan jumlah yang sedikit jika terus berkembang biak karena nyamuk dapat berkembang biak dengan pesat. Di Indonesia ada 80 jenis nyamuk malaria dan sekitar 24 jenis yang dapat menyebarkan penyakit malaria.

Dengan jumlah tersebut nyamuk malaria dapat menyebarkan malaria sebanyak itu, Indonesia merupakan salah satu Negara yang rawan terkena penyakit malaria. Mengingat jumlah penduduk di perkotaan yang padat, kurangnya kebersihan, diantaranya selokan yang airnya tergenag dan kotor, sampah yang menumpuk dan mengandung banyak air, dan sungai yang keruh dan kotor. Oleh karena itu mulailah dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal kita agar tetap bersih dan terjaga untuk menuju hidup yang sehat  dan berkualitas.

Demikianlah sekutip informasi yang bisa saya bagikan pada astikel saya yang berjudul NYAMUK MALARIA SERTA PROSES PENULARAN PENYAKIT MALARIA PADA MANUSIA, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.
http://www.agenminyakvarash.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About