Pages

Senin, 14 Juli 2014

Penyakit Malaria Beserta Tanda Gejala Yang Sering Muncul

PENYAKIT MALARIA BESERTA TANDA GEJALA YANG SERING MUNCUL

Penyakit Malaria adalah penyakit yang di karenakan parasit yang bernama Plasmodium yang dapat menular melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi parasit tersebut. Di  dalam tubuh parasite ini bersembunyi dan berkembang biak di dalam hati kemudian menginfeksi sel darah merah. Gejala awal dari pasien yang terinfeksi malaria adalah menyerupai influenza seperti seperti demam dan sakit kepala, apabila tidak cepat di obati dapat berakibat patal bahkan sampai kematian.


penyakit malaria beserta gejalanya


Plasmodium ada empat jenis yaitu plasmodium vivax, plasmodium ovale, malariae plasmodium dan plasmodium falciparum yang menjadi penyebab penyakit malaria. Plasmodium falciparum ini lebih kepada malaria berat yang sering menyebabkan kematian. Sedangkan tiga jenis lainnya adalah penyakit ringan yang sangat jarang atau penyakit malaria akut. Adapula plasmodium knowlesi yang menyebabkan penyakit malaria pada hewan (kera) tetapi juga dapat menyerang manusia meskipun sangat kecil kemungkinannya.

Menurut para ahli selama lebih dari 50.000 tahun manusia telah diinfeksi oleh penyakit malaria. Menurut rekaman sejarah demam periodik penyakit malaria telah ditemukan pada tahun 2700 SM di China dan kekaisaran. Romawi, dan  rekaman sejarah abad 19 mencatat bahwa pada perang pasifik diperkirakan sekitar 500.000 tentara AS terinfeksi,  dimana 60.000 diantaranya terbunuh karenanya.

Parasit malaria yang ditemukan pada hewan mamalia seperti mamalia orang utan dan gorilla dan hamper mirip dengan malaria pada manusia. Berdasarkan bukti bukti terkini diperkirakan penyakit malaria pada manusia itu berasal dari gorilla.

Kata Malaria berasal dari Bahasa Italia “ Mala Aria” yang berarti “bad air” yang atau dalam Bahasa Indonesia “ udara buruk” atau sebutan lain untuk penyakit malaria ini adalah demam rawa. Penyakit malaria pernah mewabah di Eropa dan Amerika Utara , sampai saat ini penyakit malaria semakin jarang ditemukan di belahan dunia tersebut yang dikarenakan oleh perubahan geografi yang telah menyingkirkan rawa rawa tempat nyamuk penyebar malaria tinggal dan berkembang biak.

Penyakit Malaria meluas di kawasan tropika maupun subtropika, termasuk sebahagian dari Amerika, Asia, dan Afrika. Setiap tahun Penyakit Malaria dapat menyebabkan lebih dari 650 juta orang dan bisa membunuh 1-3 juta jiwa, Dan perlu anda ketahui kebanyakan korban adalah kanak-kanak.

Penyakit ini paling banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis di mana parasit Plasmodium dapat berkembang baik begitu pula dengan vektor nyamuk Anopheles. Daerah selatan Sahara di Afrika dan Papua Nugini di Oceania merupakan tempat-tempat dengan angka kejadian malaria tertinggi.

Agen Resmi minyak varash di http://www.agenminyakvarash.com/

JENIS JENIS PENYAKIT MALARIA

Penyakit malaria di bedakan menjadi yaitu sebagai berikut:
  • Malaria tertiana, yaitu malaria yang gejala demamnya selang sehari, dan penyebabnya ialah Plasmodium vivax.
  • Malaria kuartana, yaitu malaria yang gejala demamnya selang dua hari, dan penyebabnya ialah Plasmodium malaric.
  • Malaria tropikana, yaitu malaria yang gejala demamnya tidak teratur, dapat terjadi tiap hari, bersifat gawat seringkali bersifat fatal, dan penyebabnya ialah Plasmodium falciparum.
Terima kasih atas kunjungan anda pada artikel saya yang berjudul PENYAKIT MALARIA BESERTA TANDA GEJALA YANG SERING MUNCUL, semoga informasinya dapat berguna untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About